Bocah 11 Tahun Banjir Pujian, Jago Rawat Adiknya yang Baru Lahir

(JAKARTA) –┬áMemiliki anak yang pintar tentu menjadi anugrah tersendiri bagi setiap orang tua. Namun memiliki anak yang suka dan rajin membantu orang tua adalah satu kelebihan yang membuat orang tua bahagia.

Agar anak-anak mau membantu pekerjaan rumah, umumnya orang tua akan membiasakan sang anak untuk turut mengambil tanggung jawab merapikan sendiri barang miliknya. Sehingga tak melulu bermain video game di handphone.

Hal itulah yang dilakukan oleh orang tua dari bocah berusia 11 tahun bernama Hafiy Almatis Haniffa. Bocah laki-laki itu sudah terbaisa membantu pekerjaan rumah ibunya, Siti Fauziah Masnan. Termasuk pekerjaan rumah memasak sampai menjaga adiknya yang baru lahir.

Aksi anak sulungnya itu ia unggah ke media sosial hingga kini viral. Dalam video itu Siti Fauziah bagikan momen ketika Hafiy sedang memakaikan baju adiknya yang masih berusia 44 hari. Video tersebut pun ramai dibanjiri pujian kepada bocah 11 tahun ini.

Biasakan Anak Mandiri

Video yang diunggah oleh wanita berusia 36 tahun itu menjadi viral hingga ditonton lebih dari 2,2 juta views. Ia bercerita soal anak sulungnya yang harus bisa menjaga adiknya sejak berusia 5 tahun.

“Saya berkata kepada mereka kenapa saya ajarkan pekerjaan rumah dan sebagainya karena saya ingin mereka belajar hidup mandiri” tuturnya dikutip dari mStar oleh Liputan6.com, Senin (28/2/2022).

“Karena kita tak tahu apa yang terjadi kepada kami berdua di masa depan, takut kalau tak sempat merawat mereka sampai besar jadi mereka perlu mandiri. Kemana pun dia pergi, dia harus bisa menjaga adiknya… itu amanat saya” lanjutnya.

Siti Fauziah melanjutkan jika ia melahirkan adik Hafiy melalui operasi caesar sehingga pergerakannya terbatas. Sebelum melahirkan, ia sudah mengajarkan anak sulungnya itu belajar masak saat berusia 7 tahun.

“Hafiy ini saya panggil abang… dari umur tujuh tahun sudah saya ajarkan masa nasi dan goreng telur dadar” ujar wanita asal Selayang, Malaysia ini.

Seiring berjalannya waktu Hafiy bisa memasak nasi goreng, menggoreng ayam dan masakan simpel lainnya. Selama libur sekolah ia juga membantu ibunya merawat sang adik bungsu yang masiih berusia 44 hari.

Video saat Hafiy menggendong dan memakaikan baju adik bayinya itu pun menuai komentar warganet. Banyak yang memuji cara Hafiy begitu lihai menggendong bayi.

“Dulu saya tak sempat mencari pembantu untuk bereskan pekerjaan rumah jadi saya ajarkan anak sulung dan anak kedua saya. Hal itu juga agar mereka lebih dekat dengan saya dan ayahnya untuk menjaga adik-adiknya” tutup ibu empat anak tersebut.*(Ar.01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *